jump to navigation

Sashimi November 14, 2008

Posted by Dedy Rustandi in Kuliner.
Tags: , ,
trackback

Sashimi

Sashimi adalah daging ikan yang diiris tipis2 dan disajikan apa adanya alias mentah. Biasanya sashimi merupakan sajian pembuka dalam makanan jepang. Tapi, terkadang juga sebagai makanan utama, dengan nasi dan miso soup yang dihidangkan secara terpisah.

Sashimi dihidangkan dengan saus shoyu dan wasabi. Cara makannya, siapkan shoyu dalam mangkuk kecil,campur dengan wasabi secukupnya, kemudian celup sashimi kedalamnya dan siap untuk dimakan. Perlu diperhatikan, wasabi ini punya rasa yang keras di hidung, jadi lebih baik jangan banyak2.
Ikan yang biasa digunakan untuk sashimi antara lain: Sake (Salmon), Ebi (Udang), Maguro (tuna), Tako (Cumi) dan lain2. Yang jelas dagingnya harus masih fresh.
hmm..sounds delicious bukan..

Bagi orang Indonesia yang notabene tidak terbiasa dengan hal-hal yang mentah, mungkin akan tidak terbiasa dengan sashimi. Karena sashimi tidak dimasak sama sekali, dan dihidangkan begitu saja. Tapi, percayalah, sashimi tidak amis sama sekali..jangan samakan sashimi dengan ikan pindang mentah. hehe..

Ada pengalaman menarik tentang sashimi. Suatu hari ada acara makan2 yg diadakan kantor, dan menu saat itu salah satunya adalah sashimi. Sashimi yang dihidangkan terdiri dari bermacam2 spesies laut, ada udang, salmon dan ditengahnya ada ikan kecil sebesar ikan pindang yang dihidangkan 1 ekor penuh tanpa dipotong2. Nah..saat itu ikannya bener2 fresh, sehingga saat akan mengambil ikan kecil itu, tiba2 ikan itu bergerak2 saat kami mau menyantapnya. tentu saja kami semua kagett..ikannya belum bener2 mati ternyata..hehe..akhirnya kami tunggu hingga bener2 mati (atas nama kehewanan) dan tidak bergerak2 lagi kmudian nyamm..nyamm…abis sudah..

Comments»

1. yusahrizal - December 20, 2008

Pertama kali makan sashimi, Huaaaaa……ゲロに成ってしまった。
Tapi sekarang sih, kalau makan cuma 二人前 bisa ludes dimakan sendiri. Favoritku sih maguro, fugu, dan saba. Sayangnya fugu mahal banget tuh. Maklumlah namanya juga kawa buta, kalo nggak bener2 disiapin bisa bikin keracunan.

2. aru fian - January 13, 2009

Iya bener mas yg di atas saya …
saya gag akan bs bertahan lama kalo ada lomba makan sashimi, paling 2 menit langsung teler

3. tania - July 19, 2009

mw tny nh,jd kl mis ny qt mw mkn sashimi d negara asalnya,ad yg jual d supermarket ny y?ato hny d restoran2 ny aja?^u^

4. Nea - December 5, 2010

Kalo’ ikan lele bisa nggak ya, soalnya di pasar yang ada tiap hari tu lele…hihihi

5. willy - December 8, 2010

Pengen makan pak.. hehe.. kapan2 di ajak ya…😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: