jump to navigation

Sejarah Smart Card August 13, 2007

Posted by Dedy Rustandi in Uncategorized.
trackback

Smart card pertama kali ditemukan dan dipatenkan pada tahun 1970. Ada beberapa kontroversi tentang siapa penemu Smart card. Jurgen Dethloff dari Jerman, Arimura dari jepang dan Roland Moreno dari Prancis adalah nama-nama yang mengklaim dirinya sebagai penemu Smart card. Smart card pertama kali digunakan pada pembayaran telpon di Prancis tahun 1983.

Roland Moreno mematenkan konsep memory card pada tahun 1974. Pada tahun 1977, Michel Ugon dari Honeywell Bull menemukan microprocessor pertama pada Smart card. Tahun 1978, Bull mematenkan SPOM (Self Programmable One-chip Microcomputer) yang mendefinisikan kebutuhan arsitektur agar dapat melakukan auto-program pada chip. Tiga tahun kemudian, Smart card yang berbasiskan patent tersebut pertama kali diproduksi oleh Motorola. Smart card tersebut dinamakan “CP8”. Saat ini, Bull telah mematenkan kurang lebih 1200 hal-hal yang berkaitan dengan Smart card.

Contoh Gambar Smart Card
Gambar Smart Card

Smart card yang telah benar-benar jadi terdiri atas properti credit card dan debit card. Memiliki 3 mm hingga 5 mm security chip yang tergabung dalam sebuah kartu seperti yang tampak pada gambar diatas.
Penggunaan Smart card untuk kedua kalinya terjadi pada tahun 1992. Smart card tersebut merupakan sebuah integrasi microchips ke dalam kartu debet (Carte Bleue). Ketika akan membayar dengan carte bleue, seseorang memasukkan kartu kedalam terminal yang disediakan, kemudian memasukkan PIN sebelum melakukan transaksi. Hanya transaksi kecil yang tidak menggunakan PIN.

Sistem pembelian elektronik dengan menggunakan Smart card dimana nilai account disimpan dalam kartu mulai merambah Eropa pada tahun 1990-an. Kebanyakan digunakan di Jerman (Geldkarte), Austria (Quick), Belgium (Proton), belanda (Chipkrip dan Chipper), Swiss (Cash), Swedia(Cash), UK (mondex), dan Denmark(Danmont).

Penggunaan secara besar-besaran Smart card terjadi pada tahun 1990-an, dimana pertama kali dikenalkan SIM berbasis Smart card yang sampai saat ini masih digunakan untuk Handphone GSM.
Perusahaan pembayaran internasional seperti MasterCard, Visa, dan Europay setuju untuk bekerja bersama untuk mengembangkan penggunaan Smart card baik sebagai debit maupun sebagai kredit pada tahun 1993. Europay, MasterCard dan Visa (EMV) pertama kali menerbitkan versi pertamanya pada tahun 1994. Pada 1998 diterbitkan versi stable. EMVco, perusahaan yang bertanggung jawab dalam maintenance system dalam jangka waktu yang lama, mengupgrade spesifikasi sistemnya pada tahun 2000 dan 2004.

Tujuan dari EMVco adalah untuk meyakinkan institusi keuangan dan retailer bahwa spesifikasi yang dibuat kompatibel dengan versi 1998.
Terbentuknya EMV ini menimbulkan paradigma baru dalam sistem pembayaran. Pada banyak kasus, bank-bank banyak yang mempertimbangkan untuk menerbitkan satu kartu yang dapat melayani debet maupun kredit. Dengan adanya konsep EMV yang dinamakan ”Application Selection” menjadikan konsumen dapat memilih jenis pembayaran yang digunakan untuk melakukan suatu transaksi.

Sejarah mencatat, bahwa kriminal dalam kasus pemalsuan kartu pembayaran pindah dari negara yang menerapkan EMV ke negara yang belum menerapkan EMV. Contoh spesifik terjadi di malaysia. Saat mereka menggunakan EMV secara massal pada 2004, tingkat pemalsuan menurun secara radikal, sedangkan di Thailand yang masih belum menerapkan EMV terjadi peningkatan pemalsuan kartu

Smart card dengan interface yang contactless semakin berkembang dan populer untuk aplikasi pembayaran dan ticketing. Visa dan MasterCard telah setuju untuk mengembangkan versi yang mudah untuk diimplementasikan dan saat ini masih dalam proses pengembangan (2004-2006) di USA.

Smart card saat ini juga banyak digunakan sebagai kartu identitas, SIM dan kartu pasien. Smart card contactless saat ini telah diintegrasikan dengan passport ICAO untuk meningkatkan keamanan level internasional.

Comments»

1. benbego - October 28, 2007

jadi gitu to sejarahnya. jadi pinter nih!

2. alief - November 17, 2007

Kartu pelajarku bisa digunakan untuk naik bus dan MRT, berarti termasuk smart card ya?🙂

3. dedy - November 21, 2007

@Benbego

hehe..masa bego terus..

@Alief
yup, itu termasuk smart card. Smart card yg model RFID

4. puteri - August 2, 2008

ape sebenarnya smart card tuu.

5. haqy - October 25, 2008

smart card = kartu pintar..:)

6. Japan smart card (Felica) « story is free…. - October 25, 2008

[…] 25, 2008 by haqy Barusan baca dari blog bung dedi ttg smart card, jadi pingin nulis juga ttg FeliCa, ntar bener atau ngggak yg saya tulis disini.. […]

7. gsm review - September 19, 2009

Smart card? lum pernah pake tuh…hehe..salam kenal..

8. frizka - August 3, 2010

trima kasih atas infonya..
bagus,,, ^^
Mas, kalo boleh saya minta link sumber aslinya.
Yang berkaitan dengan perkembangan penggunaan smart card.
Hal ini akan mjd salah satu referensi tugas saya.
Terima kasih sebelumnya…

9. ismailsunni - October 27, 2010

izin copas mas… buat tambahan informasi dan referensi sharing knowledge…..

10. rifqi - November 20, 2010

belum menjelaskann kenapa dengan perpindahan dari magnetic menjadi EMV transaksi berbasis kartu menjadi lebih aman.. bisa share infonya

11. SMART CARD, (sejarah perkembangan, eksistensi dan cara penyimpanannya) | asnarbhrt - March 23, 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: