jump to navigation

Ongseng-ongseng kangkung June 24, 2007

Posted by Dedy Rustandi in Kuliner.
trackback

Mulai hari sabtu kemaren, apartemen kami kedatangan teman mhs keio yang numpang nginep sementara selama 3 minggu. Dia orangnya jago masak. Akhirnya..aq minta dia diajarin masak sayur kangkung khas resep ibuku. Biar tidak lupa saya tulis di Blog langkah2nya.

Bumbu2 :
– 6 biji bawang putih
– 8 biji bawang merah
– 1/2 bawang bombay besar
– 6 biji lombok kecil
– 1 sendok laos
– 1 sendok teh gula
– kecap
– vitsin n garam
Dan yang sudah pasti kangkung 1 panci.
Cara memasak :
pertama, potong halus2 bawang merah n bawang putih sampe lembut. potong bawang bombay n lombok kecil2 tapi g sampe lembut. Pisahkan daun kangkung dengan batangnya n potong kecil2 batangnya. Siapkan wajan n minyak sedikit terus masukkan bawang bombay ke dalam wajan..goreng agak lama..terus masukkan bawang merah n bawang putih n lombok tumis agak lama, jangan lupa masukkan laos juga..terus masukkan air 1 gelas air (250 cc). tumis agak lama sampai bumbunya meresap..masukkan garam n gula secukupnya..trus tambahin kecap secukupnya sampe keliatan gelap. Aduk sampai rata sampe bener2 meresap bumbunya..terus masukkan batang kangkungnya terlebih dahulu..biarkan selama kurang lebih 5 menit..baru masukkan daunnya kangkung..aduk sampe skitar 8 menit an..selesai dah..
Dijamin puas..enak..

Comments»

1. amelia - July 9, 2007

Jauh-jauh k sono makanny kangkung….

2. Nea - December 5, 2010

Emmm klo aku masak kangkung dengan resep asli Indonesia, Original banget deh… hehehe…(resep ibuku, tp aku juga pernah liat diacara kuliner di Tv)
Nggak pake banyak bumbu gitu…
Bahan2nya

=>kangkung sepanci, potong sesuai selera
=>bawang putih 6 biji, bawang putihnya cukup dikeprek/digeprek karena digeprek aromanya lebih keluar daripada diiris2
=>garam
=>vitsin. Kalo pada alergi MSG, vitsin bisa diganti pake Lada putih(aku suka pake merk ladaku)
=>mentega/margarine untuk menumis
=>air secukupnya

Panaskan margarin/ mentega, Tumis bawang putih sebentar aja,sampe wanginya keciuman(jangan ampe gosong), setelah harum masukin kangkung yang udah dipotong2, aduk2 sebentar sampe kangkung sedikit layu, baru tambahkan air secukupnya.

Diamkan… kira2 5 menit lalu tambahkan garam secukupnya, masukkan vitsin or lada sesuai selera.

tunggu hingga kangkung matang dan empuk baru deh disajikan.

Di rumah makan biasa disajikan dengan sambal terasi, ayam bakar..dll

Kalo aku biasanya menyajikan tumis kangkung dengan ikan pindang goreng or lele goreng or tempe goreng or ikan asin.. dicolekin ke sambal terasi. Emmm…jadi laper!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: